Nagaliga- Tahun 2022 ini, jejaring sosial facebook sudah resmi berusia 18 tahun sejak di rilis pada tahun 2004 silam, ada satu aspek dari facebook yang tidak pernah di ubah yaitu warna biru yang mendominasi website dan aplikasi facebook.

Bila kilas balik nama facebook sendiri sudah pernah di ubah, dari "thefacebook" menjadi "facebook". Logo facebook juga sudah berganti, dari gambar foto aktor sekaligus pembuat film asal AS, Akfreso James Pacino hingga simbol huruf "F" seperti saat ini.

Antarmuka dan fitur-fitur Facebook pun juga sudah banyak perubahan dan berkembang selama keberadaanya. nah warna biru pada facebook inilah yang tak pernah berubah hingga saat ini.

Mengapa Facebook berwarna biru

Pemilihan warna biru tersebut ternyata berangkat dari kelainan yang di miliki oleh pendirinya, Mark Zukerberg.

Zukerberg di laporkan memiliki kondisi buta warna hijau-merah ( red-green color blindness ). buta warna sendiri adalah ketidakmampuan untuk melihat perbedaan warna-warna tertentu, dalam kasus Zukerberg adalah warna hijau-merah.

Menurut Bluleadz, saat ini di perkirakan 10 persen dari seluruh populasi manusia di dunia mengalami buta warna, dimana buta warna hijau-merah tidak bisa melihat warna hitau-merah seperti seharusnya.

Menurut situs Hellosehat, red-green color blindness terbagi lagi menjadi tiga jenis. 
pertama adalah protanomaly, kondisi yang membuat orang melihat warna merah tamoak seperti abu-abu.

Kedua adalah Protanopia yang membuat seseorang melihat sebagian besar warna pelangi akan tampak berwarna biru dan emas.

jenis ketiga ada Deuteranimaly yang membuat seseorang melihat warna hijau tampak sebagai warna biru, kuning dan warna-warna yang tampak di rendam ( muted )

Terakhir, ada Deuteranopia yang membuat seseorang melihat sebagian besar warna sebagai biru dan emas.

dari penjelasan tersebut, bisa di bilang biru adalah warna terbaik yang dapat di lihat oleh seseorang dengan red-green color blindness.

hal ini juga di konfirmasi oleh Zukerberg sendiri. Dalam sebuah kesempatan, Zuck, panggilan akrabnya, mengungkapkan bahwa biru adalah warna terbaik yang bisa ia lihat.

"Biru adalah warna paling kaya bagi saya, saya melihat semua warna biru," kata Zukerberg dalam sebuah wawancara dengan reporter New Yorker, Jose Antonio Vargas, pada 2010 silam.

itulah mengapa, Facebook memiliki warna dominan biru, baik di situs manapun aplikasinya.

Banyak media sosial lain yang pakai warna biru

Selain Facebook, sebenarnya masih banyak media sosial yang juga menggnakan warna biru sebagai warna utamanya. Sebut saja seperti Twitter, Linkedln, Tumblr, Wordpress, Vimeo, dan yang lainnya.

Ternyataada beberapa alasan yang membuat warna biru ini marak di gunakan pengelola media sosial.
Pertama, biru di pilih karena warna ini "ramah" alias inklusif untuk pengguna yang buta warna, seperti dalam kasus Facebook, misalnya

Kedua, biru adalah warna favorit kebanyakan orang. Laman top-tens menempatkan itu sebagai warna terfavorit, mengalahkan warna-warna lain seperti merah,hijau,dan ungu

menurut Artsy.net, beberapa penelitian juga menyebutkan warna biru atau warna kebiruan sudah menjadi warna favorit banyak orang sejak lama.
setidaknya hal ini terungkap dalam penelitian paling awal yang tercatat pada tahun 1941.

Ketiga, menurut psikologi warna, biru menimbulkan kesan dapat di percaya,ramah, serta dapat di andalkan.

Dengan menggunakan warna biru itu, platform media sosial seolah menyampaikan pesan bahwa, platformnya aman dan dapat di andalkan untuk berkomunikasi.